Friday, 14 January 2011

Agar kopling vespa ringan

Agar kopling vespa ringan
Sebenarnya konsep pada tulisan ini sudah banyak yang tau dan banyak yang mencoba, tapi tidak ada salahnya kita bahas lagi barangkali masih ada yang memerlukan dan untuk mencobanya. Sekarang yang kita bahas adalah mengenai kopling, karena banyak pertanyaan seputaran kopling ini ke via YM, Email juga SMS, seperti kopling sering putus, berat, los dan lain-lain. Untuk mengatasi kopling berat ini hanya sedikit tambahan saja dan tidak memerlukan biaya, asal pesyaratan utama sudah terpenuhi seperti : Kampas Kopling, Kabel Kopling Luar dan Tali Kopling semuanya normal & bagus. Selain itu sebelum memasang kabel kopling sebaiknya kabel tersebut diguling kecil dan masukkan ke dalam rendaman olie dan tunggu beberapa saat. Bisa juga mengganti kabel kopling dengan kabel perseneling agar lebih kecil sehingga tidak seret.
Dengan menambah potongan rante bekas pada pelatuk kopling juga menyebabkan tarikan kopling lebih enteng.
Caranya :
1. Potong rante motor bekas (bisa minta ke bengkel motor jepang)
2. Potongan kabel kopling luar sepanjang 5 cm Supaya pengerjaannya lebih mudah, sebaiknya buka tutup bak kopling, kemudian keling/baut yang kuat potongan rante pada pelatuk kopling, lihat gambar berikut ini.
Dengan menambah panjang pelatuk kopling (Rante) kurang lebih 2cm menyebabkan gaya tarik lebih ringan dibanding sebelumnya, sedangkan penambahan kabel kopling luar sepanjang 5cm adalah untuk memudahkan dalam pemasangan.
Smoga Bermanfaat

No comments:

Post a Comment

silahkan isi komentar