Wednesday, 12 January 2011

cara setting pengapian daihatsu espass

berdasarkan pengalaman

espass saya, ada garis penanda di mesin cuma garis di delco garis juga

pertama stel idle dulu di 900, trus stel angin sampai mesin langsam, setelah itu, delco di putar-putar, putar ke kanan atau ke kiri dari garis

tarik pelatuk gas dengan sangat lambat hingga mesin meraung di rpm tinggi, tujuannya mencari putaran mesin yang ndut2 an... ketika ketemu, putar lagi delconya ke kanan, dan diulang lagi narik gas dengan sangat pelan...

hasilnya.... luar biasa! rpm saya dari 800 ke 6000 sama sekali ga ndut2an!

oh ya, ada lagi yang bisa bikin mobil ndut2an... rotax bensin... rotax elektrik yang udah berumur seperti punya saya, ternyata bikin suply bensin sering telat...

Setel delco memang susah-2 gampang & perlu feeling. Saya pernah minta tolong mekanik stel delco malah mesin overheat. Akhirnya setel sendiri, sampai skrg adem terus temperatur mobil.

Step-2nya begini:
- Pertama setting dulu idle/langsam di rpm 750-800 (AC off) sesuai manual
- Adjust dulu sekitaran karburator sampai mesin stabil, dgn sesekali tes hidupkan; matikan mobil, sampai didapat stater mobil yg paling tokcer.
- Kalau sudah stabil, kendorkan (sedikit saja) delco, kemudian adjust delco sampai didapat getaran mesin yg stabil, tandanya mesin bergetarnya 'smooth'.Kalau sdh kencangkan.
- Kemudian tarik 'choke' gas di karburator untuk tes respons-nya spt kalau kita akan akselerasi.Bila tdk ada sentakan atau ngelitiknya tdk terlalu kentara, tandanya mesin kita sdh OK.
Pekerjaan diatas, kalau memang bagian mesin yg lain tdk ada masalah.

Kalau sering-sering 'ngebengkel' sendiri nanti juga akan ketemu feelingnya pak.
Sekian

No comments:

Post a Comment

silahkan isi komentar